Abstrak — Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis kuliner di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat pada sektor makanandan minuman, terutama UMKM yang menyumbang sekitar 60% perekonomian Jawa Barat. Menurut laporan MSMEEmpowerment Report 2022, sekitar 91,3 persen pelaku UMKM menggunakan media sosial sebagai kanal pemasaran, danjumlah pengguna aktif media sosial Tiktok di Indonesia mencapai 167 juta orang, setara dengan 60,4% dari populasi.Banyaknya pengguna ini mendorong pebisnis atau pelaku UMKM untuk memanfaatkan TikTok sebagai mediapemasaran. Namun bisnis kuliner Mie Baek Ekspress masih menghadapi tantangan dalam konsistensi pembuatan kontendan pengelolaan strategi pemasaran yang tidak efektif sehingga berdampak pada keberhasilan bisnis. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis implementasi pemasaran online danpengembangan konten marketing pada akun TikTok @miebaekekspress. Data dikumpulkan melalui observasilangsung, wawancara dengan pemilik, serta analisis konten yang diunggah pada akun TikTok. Analisis dilakukan denganmenggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas data dan memperoleh gambaran yang komprehensif mengenaistrategi pemasaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan content marketing yangkreatif dan konsisten signifikan dalam meningkatkan engagement dan awareness terhadap brand Mie Baek Ekspress, dengan kenaikan engagement sebesar 28% setelah strategi pemasaran TikTok diterapkan. Meski terdapat kendala dalamkonsistensi pembuatan konten akibat kekurangan staf, strategi TikTok terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumendan memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini merekomendasikan agar Mie Baek Ekspressmempertimbangkan penambahan staff khusus atau magang untuk mengelola konten pemasaran secara optimal. Kata Kunci: Pemasaran Online, Konten Pemasaran, Media Sosial
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025