Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 12 sekolah dengan total populasi sebanyak 372 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 124 siswa yang terdiri dari empat sekolah yaitu SDN 1 Batu Putih, SDN 2 Batu Putih, SDN 4 Batu Putih, dan SDN 5 Batu Putih. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Analisis  data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data konsep diri siswa kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong 42 siswa (33,87%) memiliki konsep diri dengan kategori sangat tinggi, 65 siswa (52,42%) memiliki konsep diri dengan kategori tinggi, dan 17 siswa (13,71%) memiliki konsep diri dengan kategori sedang. Sehingga disimpulkan bahwa konsep diri siswa kelas 6 di SDN Gugus IV Sekotong berkategori tinggi yaitu sebesar 52,42%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mempersepsikan dan mengenali dirinya sendiri secara baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025