Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif dan sikap berkebhinekaan global peserta didik pada pembelajaran flipped-common knowledge construction model (F-CKCM) bermuatan etnosains dan pendekatan saintifik pada materi ikatan kimia secara terpisah, (2) menganalisis level hasil belajar kognitif, sikap berkebhinekaan global dan keterampilan bernalar kritis peserta didik setelah penerapan pembelajaran F-CKCM bermuatan etnosains pada materi ikatan kimia.Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only. Jumlah sampel 144 siswa kelas X. Instrumen pengambilan data berupa angket sikap berkebhinekaan global, lembar penilaian bernalar kritis, dan tes hasil belajar kognitif. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran F-CKCM bermuatan etnosains materi ikatan kimia dan kelas kontrol melalui pendekatan saintifik. Data hasil belajar kognitif dan sikap berkebhinekaan global dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U dan analisis kategori penilaian ideal untuk level tiap variabel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kognitif peserta didik antara kedua kelas. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari sikap berkebhinekaan global peserta didik antara kedua kelas. (3) sebagian besar peserta didik pada kelas eksperimen memiliki hasil belajar kognitif dan keterampilan bernalar kritis sangat baik serta sikap berkebhinekaan global yang baik. Penerapan model pembelajaran F-CKCM menawarkan alternatif bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
Copyrights © 2025