Salah satu dompet digital yang ada di Indonesia yaitu DANA, yang memfasilitasi transaksi finansial dasar seperti pembayaran dan transfer uang dan menyertakan beragam fitur canggih seperti manajemen anggaran, investasi, dan pembelian pulsa. Aplikasi DANA dirancang untuk memudahkan transaksi keuangan sehari-hari menggunakan perangkat mobile dengan teknologi canggih untuk memastikan keamanan, kenyamanan, efisien dari pengguna. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment Terhadap Retensi Pelanggan dalam Penggunaan Aplikasi DANA sebagai Dompet Digital dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa FEB Unsrat. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Dana yang diambil dari 285 mahasiswa FEB Unsrat angkatan tahun 2020 dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (2021-2023). Penelitian ini menggunakan analisis jalur serta dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden, yang diperoleh dari perhitungan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perceived Ease of Use berpengaruh secara langsung terhadap Kepuasan Pelanggan, (2) Perceived Enjoyment berpengaruh secara langsung terhadap Kepuasan Pelanggan, (3) Perceived Ease of Use berpengaruh secara langsung terhadap Retensi Pelanggan, (4) Perceived Enjoyment berpengaruh secara langsung terhadap Retensi Pelanggan, (5) Kepuasan Pelanggan berpengaruh secara langsung terhadap Retensi Pelanggan, (6) Perceived Ease of Use tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap Retensi Pelanggan dalam Penggunaan Aplikasi DANA sebagai Dompet Digital melalui Kepuasan Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan, dan (7) Perceived Enjoyment tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap Retensi Pelanggan dalam Penggunaan Aplikasi DANA sebagai Dompet Digital melalui Kepuasan Pelanggan.
Copyrights © 2025