Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris (1) pengaruh lokus kendali internal terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta, (3) pengaruh lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif. Sampel sejumlah 85 siswa diambil dari populasi dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta; (2) terdapat pengaruh signifikan lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta (3) terdapat pengaruh signifikan lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta. Model persamaan regresi yaitu Ŷ = -10,111 + 0,267X1 + 0,193X2.
Copyrights © 2025