JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 9, No 1 (2025): Februari

PELATIHAN PENULISAN FIKSI BAGI ANAK BINAAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS DAN KESETARAAN PENDIDIKAN

Asyraf Suryadin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Haiyudi Haiyudi (Pendidikan Bahasa Inggris Universitas, Muhammadiyah Bangka Belitung)
Nasywa Susan Sumbara (Pendidikan Bahasa Inggris Universitas, Muhammadiyah Bangka Belitung)
Erin Amelia (Pendidikan Bahasa Inggris Universitas, Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Abstrak: Kesetaraan dalam mendapatkan pendidika bagi anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) masih terus menjadi permasalahan yang belum diselesaikan terutama di Kelas II Pangkalping Bangka Belitung. Oleh karena itu, tujuan program pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan guna memberikan akses kesetaraan pendidikan bagi anak binaan serta memberikan waktu produktif mereka untuk mengembangkan kreatifitas khususnya keterampilan menulis. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dengan tahapan pemaparan dan praktikum. Mitra dalam pelatihan ini adalah Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pangkalpinang dengan melibatkan 26 anak. Penilaian portofolio dari kedua fase tulisa mandiri peserta menjadi instrument dalam analisis penilaian. Perbandingan sebelum dan setelah mendapatkan pelatihan terlihat sangat signifikan. Ditemukan rata-rata peningkatan sebesar 16.25% dari keempat komponen penilian yaitu Judul, Kreatifitas Isi, Struktur dan Bahasa. Hasil ini membuktikan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kreatifitas anak binaan dalam menulis fiksi.Abstract: Equality in obtaining education for foster children at the Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) continues to be an unresolved problem, especially in Class II Pangkalping Bangka Belitung. Therefore, the purpose of this community service program is to provide training to provide access to equal education for foster children and provide their productive time to develop creativity, especially in writing. The method used in this community service is training with stages of presentation and practicum. The partner in this training is the Special Child Development Institution Class II Pangkalpinang involving 26 children. Portfolio assessment from both phases of participants' independent writing became an instrument in the assessment analysis. The comparison before and after receiving training looks very significant. An average increase of 16.25% was found from the four assessment components, namely Title, Content Creativity, Structure and Language. These results prove that this training can improve the understanding and creativity of foster children in writing fiction.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...