Abstrak Tantangan Pembelajaran daring dialami oleh semua bidang pelajaran, terutama Bidang Pendidikan agama Kristen, terlebih karena banyaknya topik pembelajaran yang bersifat abstrak. Tidak jarang pembelajaran menjadi tidak efektif maupun efisien karena interaksi Guru-Siswa yang terbatas maupun kesulitan guru dalam pengelolaan pembelajaran daring. Program Pembelajaran daring telah terlaksana lebih dari satu tahun sudah layak dievaluasi untuk melihat efektifitas dari ketercapaian pembelajaran. Model evaluasi yang digunakan untuk melakukan penilaian proses pembelajaran dalam penelitan ini ialah model evaluasi CIPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas program/proses pembelajaran daring dan mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran yang dilakukan oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran Agama Kristen. Dari Analisa kuadran didapati bahwa Guru A masuk dalam kuadran Kurang efektif dan Guru B, C dan D masuk dalam kuadran tidak efektif. Dan dari hasil uji Kruskall Wallis menunjukkan bahwa tidak ada Perbedaan efektifitas yang signifikan antara guru-guru pengampu (bidang pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 1 Palangka Raya) Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran; CIPP (Konteks, Input, Proses, Produk)
Copyrights © 2024