UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 2 No 2 (2025): Vol. 2 No. 2 Februari 2025

Augmented Reality sebagai Pendukung Inovasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Novika, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Inovasi pembelajaran sains diperlukan untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penggunaan teknologi seperti Augmented Reality (AR) dapat memberikan peluang dalam pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang lebih interaktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis inquiry terbimbing dengan bantuan teknologi AR pada materi fluida untuk kelas XI, dan menguji efektifitas LKPD dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukan LKPD berbasis inquiry terbimbing berbantuan AR telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Respon peserta didik menunjukan antusias yang positif terhadap penggunaan LKPD. Teknologi AR mendukung visualisasi yang interaktif, sehingga peserta didik lebih mudah memahami konsep sains yang abstrak dan meningkatkan motivasi peserta didik. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi yang signifikan dalam inovasi pembelajaran sains untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upgrade

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Upgrade Pendidikan Teknologi Informasi menerima artikel riset dan kajian ilmiah (review) dengan lingkup ilmu pendidikan teknologi beserta aplikasinya. Adapun fokus dan ruang lingkup topik yang diterbitkan pada jurnal ini adalah sebagai berikut. 1. Teknologi Pendidikan 2. Kecerdasan Buatan & ...