JURNAL KOULUTUS
Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL KOULUTUS

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE BLENDED LEARNING

Fatmawati, Fatmawati (Unknown)
Chairiyah, Dina (Unknown)
Mardiana, Mardiana (Unknown)
Syafweni, Etna (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Pembelajaran secara full dalam jaringan berbantuan aplikasi zoom meeting membuat peserta didik, khususnya tingkat sekolah dasar sulit untuk focus belajar. Yang tentunya juga berdampak pada rendahnya hasil belajar atau tidak tercapainya KKM. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran salah satunya dengan menerapkan metode blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik sebagai efek diterapkannya metode blended learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 6 SD Negeri 012 Purnama, dengan sampel 7 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan ketersediaan prasarana apada peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan zoom meeting dan dipadukan dengan tatap muka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay untuk melihat hasil belejar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 26%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

koulutus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal of Koulutus is published twice a year (March and September), contains research or reviewing on Education and learning.The authors may discuss about the teaching culture, teaching method and others teaching matters in every education levels. Journal of Koulutus is managed by LPPM of University ...