Bahasa adalah sistem tanda bunyi yang dipergunakan oleh manusia yang dikeluarkan dari alat ucapmanusia untuk berinteraksi, bekerja dan mengenali diri seperti pada keahlian menulis. Penelitian inimenggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmenulis surat pribadi siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 02 Semarang dengan model ProjectBased Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan,pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan persentase ketuntasan siswa disiklus I 56,53%dan ketuntasan siswa siklus II meningkat menjadi 86,95%. Penggunaan model PjBLini mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar serta dalam aktivitaspemecahan masalah. Selain itu, peserta didik menunjukan adanya keterlibatan yang lebih baik saatpembelajaran berlangsung yang berdampak positif pada perkembangan kemampuan mereka dalammenulis surat pribadi.
Copyrights © 2024