Pembelajaran Swishmax yang valid dan dapat diterima serta mampu menggambarkan konsep abstrak pada materi getaran dan gelombang untuk siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Four-D yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai melalui validasi ahli dan uji keterbacaan. Hasil pengembangan media Swishmax materi getaran dan gelombang ditujukan untuk siswa kelas 8 SMP/MTs. Berdasarkan hasil uji kelayakan, ahli media memberikan skor rata-rata sebesar 93,25% yang menunjukkan bahwa media sangat layak. Penilaian ahli isi menunjukkan bahwa ke-20 konsep yang diujikan dinilai sangat sesuai, sedangkan uji keterbacaan menghasilkan skor rata-rata 93,75% yang menunjukkan bahwa media diterima dengan baik oleh seluruh responden. Berdasarkan evaluasi tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan dapat dianggap memenuhi kriteria sangat layak dan berpotensi meningkatkan pemahaman konsep siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024