Kemampuan kreativitas anak sangat berkaitan dengan kegiatan pengembangan motorik anak, serta dapat mencakup banyak aspek yang ditingkatkan, seperti aspek kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Pada penelitian yang dilakukan peneliti di TK Kecamatan Kabuh dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Analisis bertujuan untuk dapat mengetahui meningkatnya kreativitas anak dengan kegiatan origami pada usia 5-6 Tahun di Kelompok B semester I. Perbaikan dilakukan dengan dua siklus, pada satu siklus terdapat lima pertemuan atau lima Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Perbaikan pada siklus terdiri dalam 4 tahap, yaitu rencana perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, dan hasil refleksi. Penelitian bersubyek pada anak usia 5-6 Tahun dengan jumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang dterapkan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil meningkatnya kreativitas anak dengan menggunakan kegiatan origami yang diterapkan, menghasilkan peningkatan pada setiap perkembangan masing-masing siklus, dengan rata-rata pada pra siklus kreativitas anak 32%, siklus I 59%, dan siklus II 77,2%.
Copyrights © 2024