Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 21, No 2 (2024)

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DENGAN KEGIATAN ORIGAMI PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN TINGKAT TK

Munavinahar, Lailatul (Unknown)
Madoni, Ely Roy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Kemampuan kreativitas anak sangat berkaitan dengan kegiatan pengembangan motorik anak, serta dapat mencakup banyak aspek yang ditingkatkan, seperti aspek kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Pada penelitian yang dilakukan peneliti di TK Kecamatan Kabuh dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Analisis bertujuan untuk dapat mengetahui meningkatnya kreativitas anak dengan kegiatan origami pada usia 5-6 Tahun di Kelompok B semester I. Perbaikan dilakukan dengan dua siklus, pada satu siklus terdapat lima pertemuan atau lima Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Perbaikan pada siklus terdiri dalam 4 tahap, yaitu rencana perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, dan hasil refleksi. Penelitian bersubyek pada anak usia 5-6 Tahun dengan jumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang dterapkan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil meningkatnya kreativitas anak dengan menggunakan kegiatan origami yang diterapkan, menghasilkan peningkatan pada setiap perkembangan masing-masing siklus, dengan rata-rata pada pra siklus kreativitas anak 32%, siklus I 59%, dan siklus II 77,2%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...