Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran PPKn melalui penerapan Model Project Based Learning pada kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Pelaksanaan Model Project Based Learning pada kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu, guru belum pernah menerapkan Model Project Based Learning dalam pembelajaran PPKn pada kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan jumlah siswa 22 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemis Mc. Taggrat, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran PPKn, jumlah peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dapat dilihat dari nilai tes keterampilan berpikir kreatif siswa dari evaluasi siklus I dan Siklus II yaitu pada akhir siklus I sebesar 54% dan pada siklus II meningkat sebesar 36% menjadi 90% dengan kategori meningkat. Peningkatan indikator tertinggi terjadi pada indikator berpikir lancar yaitu dengan rerata sebesar 88,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Project Based Learning kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Copyrights © 2025