Penelitian ini bertujuan untuk:  Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning terpadu STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa; Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah belajar dengan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning terpadu STEM. Metode penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII  semester I T.A 2024/2025. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa:LKPD model problem based learning berbasis STEM yang dikembangkan dinyatakan sudah valid,praktis dan efektif; Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Riyadhussholihin melalui LKPD  berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan meningkat dari uji coba I ke uji coba II  dilihat dari N-Gain. Pada uji coba I, Pada uji coba II, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa matematis sebesar 0,46 dan peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 0,42. Pada uji coba II peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa matematis memiliki N-gain yaitu sebesar 0,59 sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025