SDN 143 Pekanbaru merupakan salah satu sekolah negeri yang ada di Pekanbaru. Sekolah ini belum memiliki perpustakaan yang representatatif, sehingga budaya literasi masih kurang. Hal ini tampak kuragnya pemahaman guru dan siswa terhadap dasar keterampilan literasi. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan dasar keterampilan literasi terhadap guru dan siswa di SDN 143 Pekanbaru. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dasar literasi guru dan siswa. Adapun metode kegiatan ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif berbasis pendekatan kontekstual. Selain itu, wawancara dan tes juga digunakan dalam pelatihan ini. Hasil pelatihan yang telah dilakukan kepada para guru dan siswa kelas IV di SDN 143 Pekanbaru menunjukkan pemahaman yang sangat baik dalam memahami dasar keterampilan literasi. Hasil pelatihan yang dilakukan kepada siswa mampu meningkatkan keterampilan literasi terutama siswa yaitu meningkatkanya kemampuan membaca siswa yang semulanya nilai 65 menjadi 88. Pelatihan dasar keterampilan literasi bagi guru dan siswa di SDN 143 Pekanbaru dapat dikatakan berhasil meningkatkan dasar literasi para guru dan meningkatkan dasar literasi para siswa.
Copyrights © 2025