Perkembangan industri di Indonesia sudah berkembang dengan pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya tamu asing yang datang ke Indonesia untuk melakukan kunjungan sebagai objek daya tarik wisata. Selain karna tempat wisata yang indah Indonesia pun dikenal memiliki penduduk yang sangat ramah sehingga menarik para wisatawan asing. Pariwisata di Kalimantan memiliki potensi besar karena keindahan alam dan kekayaan budayanya, namun belum dioptimalkan secara maksimal. Tantangan utama dalam pengembangannya adalah kurangnya pemahaman terhadap preferensi wisatawan, yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam distribusi kunjungan wisata dan kurang efektifnya strategi promosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi wisatawan terhadap objek wisata di Kalimantan. Tujuan clustering ini adalah menemukan preferensi wisatawan terhadap objek wisata Kalimantan. Studi ini memakai Metode Clustering untuk mengelompokkan objek wisata berdasarkan preferensi. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa objek wisata di Kalimantan dapat dibagi menjadi beberapa cluster, yang digunakan untuk merekomendasikan pengembangan objek wisata. Dengan demikian, studi ini membantu pengembang pariwisata meningkatkan kunjungan wisatawan dan kualitas layanan yang ditawarkan.Kata Kunci: Clustering, Preferensi Wisatawan, Kalimantan, Objek Wisata, Analisis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025