Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Desember

Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Menulis di SDN 004 Satanetean Kabupaten Mamasa

Eva, Stevanie Bannetasik (Unknown)
Abdul Malik Iskandar, Abdul Malik Iskandar (Unknown)
Muhammad Iqbal, Muhammad Iqbal (Unknown)
Waddi Fatimah, Waddi Fatimah (Unknown)
Abustang, Perawati Bte (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru, kemampuan literasi siswa dalam membaca dan menulis serta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan literasi membaca dan menulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peran guru dalam meningkatkan literasi membaca dan menulis terlihat pada peran guru dalam mendidik, membimbing, memotivasi, mengajar dan mengevaluasi. Kemampuan literasi membaca dan menulis yaitu realita literasi siswa di sekolah itu menunjukkan bahwa kemampuan literasi bahasa siswa tergolong rendah, kesulitan yang dihadapi oleh siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi bahasanya adalah belum sesuainya praktik literasi yang dilakukan oleh guru, kurangnya lingkungan literasi yang tersedia, dan tingkat literasi orangtua yang berbeda sehingga berdampak pada kurangnya literasi informasi yang diperoleh siswa dari rumah. Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan literasi membaca dan menulis yaitu faktor pendukung: Tutor teman sebaya, Kebijakan sekolah, Buku Bacaan dan faktor penghambat: Siswa, Lingkungan, Sarana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...