EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Hidrokarbon di SMK Fase E

Rahmadoni, Gifran Noval (Unknown)
Aini, Syamsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi hidrokarbon untuk SMK Fase E, jurusan Teknik Kimia Industri (TKI) di SMTI Padang. Masalah yang dihadapi adalah peserta didik kesulitan memahami materi hidrokarbon yang bersifat abstrak dan belum tersedianya bahan ajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D, meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate.Uji validitas dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru DDTKI SMTI Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru DDTKI dan 22 orang peserta didik fase F SMTI Padang. Instrumen yang digunakan berupa angket wawancara, validitas, dan praktikalitas. Hasil analisis validitas menghasilkan nilai rata-rata sebesar 0,88 yang tergolong valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa e-LKPD sangat praktis dengan nilai rata-rata 92,78% dari guru dan 92,59% dari peserta didik. Dengan demikian, e-LKPD berbasis PBL pada materi hidrokarbon untuk SMK fase E dinyatakan valid dan sangat praktis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...