Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia
Vol 4, No 1 (2025): Maret 2025

IMPLEMENTASI RANCANGAN DIGITAL GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN DI TK TUNAS JAYA SUNGAILIAT

Mubaroh, Sari (Unknown)
Fujiyanti, Linda (Unknown)
Al Giffhary, Muhammad Rasyid (Unknown)
Meika, Zaskia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan rancangan digital gamifikasi dalam pembelajaran di TK Tunas Jaya Sungailiat guna meningkatkan minat dan motivasi belajar anak. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tradisional yang mengandalkan metode konvensional. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan dan menerapkan konsep gamifikasi yang berbasis teknologi digital sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi pengembangan materi pembelajaran digital berbasis gamifikasi, pelatihan bagi guru, serta penerapan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan anak-anak selama kegiatan pembelajaran. Anak-anak terlihat lebih antusias dan tertarik dengan materi yang disajikan melalui elemen-elemen permainan yang menyenangkan. Selain itu, para guru juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan kemampuan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, implementasi rancangan digital gamifikasi di TK Tunas Jaya Sungailiat terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia is here to provide a forum for National researchers in the field of Applied Technology and Digital Technology to handle and manage various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society and to publish original articles ...