Hospitalisasi pada anak pra sekolah sering kali menjadi pengalaman yang menakutkan dan menimbulkan kecemasan. Lingkungan rumah sakit yang asing, prosedur medis yang tidak dipahami serta perpisahan dari orang tua dapat memicu stres dan kecemasan pada anak. Oleh karena itu, anak-anak memerlukan adanya intervensi yang menjadi distraksi mereka untuk membantu dalam beradaptasi dengan hospitalisasi. Terapi bermain puzzle dapat berfungsi sebagai mekanisme koping yang membantu anak mengalihkan perhatian dari situasi yang menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan pada anak pra sekolah sselama hospitalisasi. Metode yang digunakan yaitu One Group Pre-Post Test Design dengan melibatkan 10 anak sebelum dan setelah diberikan intervensi. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) yang diberikan pada orang tua sebelum dan setelah dilakukan intervensi bermain puzzle. Hasil yang didapatkan adanya penurunan yang signifikan terhadap pemberian terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan hospitalisasi pada anak usia pra-sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025