Profilm: Jurnal Ilmiah Ilmu Perfilman & Televisi
Vol. 4 No. 1 (2025): Volume 4 Nomor 1 - Maret 2025

Tantangan Viral dan Manajemen Krisis: Mempelajari Respons Merek dalam Merespons Tren Media Sosial yang Menghebohkan

Mohammad Fadly, S.E, M.M, Mohammad Fadly, S.E, M.M (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Dalam era digital Sekarang ini challenge-challenge yang viral di beberapa platform media sosial telah menjadi fenomena yang sangat memengaruhi citra merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana merek dapat menangani krisis yang disebabkan oleh tantangan viral, seperti Ice Bucket Challenge dan Kiki Challenge, dan juga menemukan strategi komunikasi yang tepat untuk mengurangi efek negatifnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan menganalisis konten dari unggahan media sosial yang terkait dengan kedua masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menghadapi challenge yang viral, respons merek yang cepat dan terkoordinasi sangat penting. Selain itu, strategi komunikasi yang proaktif dan responsif juga diperlukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa merek harus menggunakan inovasi dalam pemasaran digital untuk meningkatkan keterlibatan dan membangun reputasi positif, sambil mempertimbangkan potensi bahaya dari fenomena viral

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ProFilm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Pro Film Journal is a scientific journal that focuses on film and television science. Along with the development of creative media in Indonesia, this journal is presented by SAE Indonesia and covers various topics related to creative media. Creative media is an individuals mental process in ...