Menjalani pola hidup sehat merupakan kebutuhan penting yang dapat didukung melalui konsumsi obat-obatan tradisional, seperti jamu. UKM minuman tradisional Bu Bekti yang didirikan pada tahun 2019 mengalami peningkatan penjualan selama pandemi COVID-19 namun menghadapi tantangan produksi dan penurunan permintaan pascapandemi. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh UKM ini. Kekuatan utamanya meliputi kualitas produk dan nilai budaya, sedangkan kelemahannya meliputi umur simpan produk yang pendek dan kurangnya promosi. Peluangnya mencakup meningkatnya minat masyarakat terhadap produk alami dan sehat, sedangkan ancaman datang dari persaingan dan peraturan yang ketat. Strategi yang diusulkan meliputi promosi budaya, perluasan pasar, pengembangan teknologi, peningkatan umur simpan, inovasi produk, dan kepatuhan terhadap peraturan. Dengan menerapkan strategi tersebut, Minuman Tradisional Bu Bekti dapat meningkatkan daya saing dan memperkuat posisi pasarnya.
Copyrights © 2025