Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV pada pembelajaran IPA materi Siklus Makhluk Hidup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN-1 Menteng Kota Palangkaraya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran IPA materi Keragaman Siklus Makhluk Hidup peningkatan hasil belajar secara klasikal dari pengamatan data awal ke siklus I dengan skor rata-rata 67,81 atau dengan persentase 53%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 82,50 dengan persentase 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pictture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA pada materi Siklus Makhluk Hidup di SDN-1 Menteng Kota Palangkaraya.
Copyrights © 2025