Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia, sehingga dalam pelaksanaannya masih banyak guru dan peserta didik yang bingung dengan implementasi kurikulum tersebut. Salah satunya adalah pada penggabungan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai satu kesatuan menjadi mata pelajaran IPAS. Oleh karena itu, guru harus mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran IPAS di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di kelas IVB SDN-6 Menteng Kota Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SDN-6 Menteng Kota Palangkaraya pada bulan Maret-April 2024. Subjek penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, Guru Kelas IVB, dan peserta didik kelas IVB yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian secara kualitatif dilakukan mulai tahap penggumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN-6 Menteng Palangkaraya sudah terealisasikan dengan baik. Namun masih terdapat kendala seperti minimnya informasi terkait kurikulum merdeka, sumber referensi, keterbatasan waktu dalam penyusunan modul ajar dan assesment. Meski demikian, kendala tersebut dapat diatasi dengan upaya yang dilakukan yaitu dengan cara mengadakan rapat, mengikuti kegiatan seminar, webinar dan workshop, serta memperbanyak sumber referensi dan memanfaatkan buku pedoman penyusunan modul ajar yang disediakan Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya.
Copyrights © 2025