Integralistik
Vol. 36 No. 1 (2025): Januari : 2025

Civic Governance and Good Governance : Dinamika  Kebijakan Desentralisasi Pendidikan Di Era Otonomi Daerah

Hilmy Nurfaizan Abdul Matin (Unknown)
Cecep Darmawan (Unknown)
Prayoga Bestari (Unknown)
Syaifullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Artikel ini membahas mengenai  dinamika dan tantangan civic governance and good governance dalam konteks penerapan kebijakan desentralisasi pendidikan di Indonesia dengan fokus orientasi utama bagaimana  kebijakan desentralisasi pendidikan itu menerapkan serta menyelenggarakan pendidikan berdasarkan prinsip – prinsip civic governance yaitu berbasis pada penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis pada  partisipasi warga negara   dan good governance yang mensyaratkan adanya transparansi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan  secara komprehensif. Dengan  menggunakan pendekatan kualitatif  dan Metode Kajian pustaka Pustaka atau Literatur mencakup berbagai gagasan atau teori yang saling berhubungan secara erat dan didukung oleh data dari sumber pustaka. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan melalui studi mendalam terhadap buku, literatur, catatan, serta laporan yang relevan dengan permasalahan yang dikaji penelitian ini mengkaji agar civic governance  dan good governance dapat diimpelementasikan  dalam kebijakan pendidikan berdasarikan prinsip-prinsip partisipatif, transparan, akuntabel, keadilan dan integritas yang dapat dipertajnggungjawabkan secara publik. Kebijakan pendidikan di era otonomi daerah berdasarkan prinsip civic governance dan good governance perlu didukung oleh seluruh stakeholders Pemerintahan Daerah dan Non Government Organizations (N.G.O) bidang pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

integralistik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Integralistik Journal publishes articles that have never been published in other journals. The focus of the study is {1} Pancasila and Civic Education, {2} Moral and Values, {3} Laws, {4} Politics, and {5} Multicultural ...