Penelitian ini bertujuan untuk mengenal berbagai konflik yang terjadi pada mahasiswa kerja paruh waktu selama menjalankan perannya sebagai karyawan dan juga mahasiswa baik dalam bidang pekerjaan maupun dalam perkuliahan. Adanya konflik yang terjadi pentingnya untuk mengetahui upaya untuk mengatasi konflik peran pada mahasiswa kerja paruh waktu. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di lingkungan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, terlihat bahwa mahasiswa yang bekerja merasa kelelahan, sulit fokus, lama mengerjakan tugas serta jam istirahat menjadi berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan dijabarkan dalam bentuk narasi kata-kata yang menggambarkan kondisi apa adanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah 5 orang mahasiswa kerja paruh waktu dan informan pendukung 7 orang yang terdiri dari teman sekelas, sahabat dan teman sekos mahasiswa tersebut.. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa kerja paruh waktu butuh upaya dalam memaksimalkan kemampuannya menjalani peran baik itu sebagai karyawan maupun mahasiswa bidang pekerjaan maupun perkuliahan sehingga dapat menjalankan tugas pokok sebagai mahasiswa dengan baik. Adapun motivasi faktor penyebab mahasiswa bekerja yaitu karena hobi, faktor ekonomi, menaambah pengalaman dan lainnya. Bentuk konflik yang dialami itu dapat dilihat dari beban tugas, konflik peran, kemampuan ataupun skill, waktu serta tanggung jawab. Adapun upaya yang dilakukan mahasiswa kerja paruh waktu berbeda satu dengan lainnya disesuaikan dengan faktor penyebab bekerja, motivasi kerja, serta professional sebagai mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024