Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Pengaruh Media Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran Luas dan Volume Menggunakan Media PPT

Yulianti, Hiqmatul Ika (Unknown)
Sumaji, Sumaji (Unknown)
Ardianti, Sekar Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti efektivitas penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi pengukuran luas dan volume dengan menggunakan media PPT. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bogotanjung 02 dengan jumlah sampel 15 siswa. Dari keseluruhan 15 siswa 37,5% diantaranya sudah mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan sisanya 62,5% belum mencapai KKTP dengan nilai KKTP 70. Penerapan model pembelajaran yang masih terbatas dalam setiap materi yang disampaikan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi. Model Problem Based Learning atau yang biasa disebut dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest-posttest. Hasil analisis menggunakan uji Paired Sample t-Test diperoleh nilai signifikasi 0,000 dimana (0,000<0,05) artinya hasil belajar siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning menggunakan media PPT lebih baik dibandingkan sebelum diteapkan model tersebut. Peningkatan rata-rata hasil belajar dilihat dengan rata-rata pretest 61,8 dan rata-rata posttest 76,8 dengan rata-rata nilai N-Gain 0,39 dalam kategori sedang. Model Problem Based Learning menggunakan media PPT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat menjadi solusi bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dengan hasil belajar yang baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...