Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Case Based Learning dengan pembelajaran biasa, dan menjelaskan pengaruh pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (quasy experiment). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Putri (kelas eksperimen) dan VIII Putra (kelas kontrol) SMP Islam Terpadu Darul Fikri Tanjungbalai, dan objek penelitian ini adalah pembelajaran Case Based Learning (CBL) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Tes postest kelas eksperimen dan kontrol yang diujikan mendapatkan nilai signifikansi 0,000 yang berada dibawah harga dengan kriteria jika , maka ditolak dan diterima, dengan demikian terjadi penolakan terhadap sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran CBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari rata-rata pretest 31,92 menjadi 78 pada postest, dengan analisis Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,6525 dalam kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024