Secara garis besar, tujuan penelitian ini adalah dalam rangka; 1) menghasilkan media pembelajaran flipbook hidangan main course pada mata kuliah Kuliner Eropa, 2) uji kelayakan flipbook hidangan main course, 3) mengetahui respon mahasiswa di program studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner terhadap media flipbook hidangan main course. Hasil penelitian didapatkan menggunakan jenis penelitian R & D (Research and Development) dan model pengembangan 4D (define, design, development, disseminate). Responden dalam penelitian ini yaitu 30 mahasiswa semester 6 yang telah lulus di mata kuliah Kuliner Eropa pada Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Dengan menggunakan metode penilaian skala Likert, kuesioner didistribusikan kepada para ahli dan responden untuk pengumpulan data. Hasil yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunkan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari temuan tersebut, flipbook hidangan main course dengan menggunakan model 4D dinilai "sangat layak" baik dari ahli isi, ahli desain, ahli media pembelajaran dan perolehan responden khususnya mahasiswa dalam kategori "sangat baik". Penelitian ini berkontribusi bahwa penggunaan media belajar khususnya flipbook dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada pendidikan vokasi khususnya bidang kuliner.
Copyrights © 2025