Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Teknologi Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2025): Dedikasi 2025

Pemanfaatan SPSS dalam Pengolahan Data dan Nilai di Tingkat SMP

Ediputra, Kasman (Unknown)
Zulhendri, Zulhendri (Unknown)
Hidayat, Adityawarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan semakin penting di era digital, terutama dalam pengolahan data dan evaluasi pembelajaran. Artikel ini membahas penggunaan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) sebagai alat analisis data statistik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). SPSS dipilih karena kemampuannya dalam mengolah data secara akurat dan efisien, serta kemudahan penggunaannya. Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana SPSS dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mengolah nilai siswa dan oleh siswa dalam memahami konsep statistik dasar. Hasil menunjukkan bahwa SPSS dapat membantu guru dalam menganalisis nilai siswa, mengidentifikasi tren pembelajaran, dan mengevaluasi efektivitas metode pengajaran. Selain itu, SPSS juga dapat menjadi media pembelajaran interaktif bagi siswa untuk memahami statistik melalui praktik langsung. Artikel ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan SPSS di tingkat SMP tidak hanya meningkatkan efisiensi pengolahan data, tetapi juga mendukung pengembangan keterampilan analitis dan digital siswa. Namun, diperlukan pelatihan dan dukungan infrastruktur agar pemanfaatan SPSS dapat optimal di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Teknologi Masyarakat di terbitkan oleh Institut Teknologi Pendidikan Indonesia yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta implementasi berbagai bidang ilmu Sains ...