J-CEKI
Vol. 3 No. 1: Desember 2023

Strategi Kreatif Guru dalam Implementasi Program Meningkatkan Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar

Siswi Dewi Mardianti (Universitas Djuanda)
Teguh Prasetyo (Universitas Djuanda)
Gugun Gunadi (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Literasi numerasi mengacu pada pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami dan menggunakan berbagai angka dan simbol terkait dengan matematika dasar. Dengan beralihnya pembelajaran dari tatap muka menjadi daring, program literasi numerasi menjadi kurang efektif, yang menekankan pentingnya kreativitas guru dalam merancang pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi guru dalam mengimplementasikan program literasi numerasi selama pembelajaran daring. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan tiga siswa SDN Muhara 02. Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga tahap strategi pengajaran yang digunakan oleh guru: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada tahap perencanaan, guru melakukan sosialisasi pembelajaran daring baik secara luring maupun daring, serta menyiapkan materi pembelajaran yang akan digunakan selama pembelajaran daring. Pada tahap pelaksanaan, guru menggunakan strategi discovery learning dan memanfaatkan berbagai media dan alat, termasuk gambar animasi, penggaris, video animasi, presentasi PowerPoint, realia, serta aplikasi yang umum digunakan seperti WhatsApp, PowerPoint, Zoom meetings, YouTube, Google Classroom, Google Forms, dan Telegram. Tahap penilaian melibatkan evaluasi tugas daring yang dikumpulkan melalui WhatsApp, laporan kemajuan mingguan, catatan kehadiran, dan tingkat keterlibatan siswa. Temuan ini memberikan pemahaman tentang strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan literasi numerasi dalam pembelajaran daring di SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...