J-CEKI
Vol. 3 No. 4: Juni 2024

Analisis Strategi Pengembangan Usaha MF Dessert di Kota Palu

Afandhi Afandhi (Unknown)
Meity Ferdiana Paskual (Unknown)
Santi Yunus (Unknown)
Yunus Sading (Unknown)
Ika Rafika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

MF Dessert merupakan usaha yang memproduksi makanan penutup atau Dessert yang bahan utamanya adalah tepung terigu, telur, gula pasir, mentega, coklat, dan buah-buahan.Penjualan produk produknya seringkali berfluktuasi, dan perusahaan ditandai dengan kenaikan dan penurunan penjualan yang tidak stabil. Penelitian ini menerapkan metodologi analisis SWOT yang mencakup langkah-langkah perencanaan strategis untuk menilai segala bentuk kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis apa pun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan fluktuasi penjualan Mf desserts dan menemukan strategi pengembangan dan pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk tersebut. Hasil survei ini mengungkapkan bahwa terdapat berbagai faktor internal dan eksternal yang menghambat operasional bisnis. Total skor berdasarkan perhitungan matriks EFE&IFE adalah Strengths 2.22, Weaknesses 0.7, Opportunities 1.86, Threats 1.58. Hasil diagram matriks SWOT menunjukkan bahwa bisnis Mf Dessert terletak pada kuadran I dan memiliki nilai selisih tertimbang positif (1.52,0.28). Dari berbagai bentuk strategi pengembangan bisnis MF dessert, dapat disimpulkan bahwa perusahaan sebaiknya mengadopsi strategi SO agar tujuan bisnisnya dapat tercapai dengan cepat dan mudah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...