Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 07 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 07 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada saat perencanaan pembelajaran matematika guru sudah menyiapkan modul ajar sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, (2) Pelaksanaan pembelajaran dikelas metode yang guru gunakan itu bervariasi seperti metode pembelajaran ceramah, metode pembelajaran game, metode pembelajaran diskusi kelompok dan metode pembelajaran demonstrasi, (3) Saat Evaluasi Pembelajaran guru selalu menanyakan kepada peserta didik mengenai kepemahaman peserta didik terhadap materi tersebut sehingga guru dapat mengetahui sampai dimana letak ketidaktahuan peserta didik dalam mengikuti pelajaran dan menutup kegiatan belajar mengajar dengan memberi sedikit motivasi kepada peserta didik untuk belajar. (4) Perilaku Pesertadidik saat kegiatan belajar berlangsung mereka belajar dengan tenang dan kondusif sehingga mereka menghargai guru yang sedang menjelaskan materi di depan kelas.
Copyrights © 2024