Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas XII IPS SMAN 2 Kecamatan Kapur IX yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini diketahui dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan. Pemahaman konsep matematika merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan suatu model untuk meningkatkan kemanpuan pemahaman konsep matematika siswa dalam permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaran Pencapaian Kosnep. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kemanpuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pemebelajaran pencapaian kosep lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional di kelas XII IPS SMAN 2 Kecamatan Kapur IX Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terdiri dari kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol. Hasiil penelitian berdasarkan analisis tes diperoleh diperoleh t_hitung=1,882 lebih besar dari t_tabel=1,68 dan nilai P_value = 0,034 lebih kecil dari taraf nyata α=0,05, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Kesimpulannya kemanpuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pemebelajaran pencapaian kosep lebih baik dari pada model pemebelajaran konvensional di kelas XII IPS SMAN 2 Kecamatan Kapur IX Tahun Pelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024