J-CEKI
Vol. 3 No. 5: Agustus 2024

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Matematika

Siti Faizah Nurlaela (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Prabawati Nurhabibah (Unknown)
Widia Nur Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siwa dalam konteks pembelajaran matematika bertempat di SD Negeri 1 Karangtengah. Penggunaan metode penelitian berupa metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and Mc taggart dengan metode analisis yang menggabungkan kuantitatif dan kualitatif guna memperoleh data yang valid. Metode ini digunakan dalam dua siklus untuk mengamati dan mengukur perubahan yang terjadi pada keterampilan berpikir kritis siswa. Siklus pertama meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pembelajaran melalui penggunaan teknik pemecahan masalah; siklus kedua meningkatkan dan memverifikasi hasil siklus pertama. Untuk menilai efektivitas metode ini, informasi dikumpulkan melalui analisis pekerjaan siswa, wawancara guru, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan yang signifikan pada siklus II dilihat dari hasil data observasi perencanaan pembelajaran dengan jumlah skor 26 (81,25%), data hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan skor 27 (84,375%), dan data hasil observasi kemampuan berpikir kritis dengan skor 9 (81,818%), serta data observasi hasil belajar dengan jumlah skor 9 (81,818%). Temuan penelitian ini menunjukkan pentingnya teknik pemecahan masalah dalam membantu siswa mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah matematis mereka. Temuan penelitian ini mempunyai arti penting bagi rancangan strategi pembelajaran yang dapat digunakan secara luas untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam konteks pengajaran matematika di sekolah dasar.Kata Kunci: problem-solving, matematika, penelitian tindakan kelas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...