Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan stratefi Actif Everyone Is A Teacher Here selama proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara pada tahun ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran dikumpulkan melalui posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, yaitu uji beda dua mean. Pengujian dilakukan pada tingkat signifikansi 0,05. Nilai thitung ternyata lebih besar dari nilai t kritis (ttabel) sebesar 2,100 pada derajat kebebasan 48. Artinya hasil statistik uji t menunjukkan H0 ditolak, artinya bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here pada materi lingkaran lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Bolaang Mongondow Utara khususnya pada mata pelajaran Lingkaran.
Copyrights © 2024