Pelajaran Akuntansi merupakan pelajaran yang sulit dipahami oleh sebagian besar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Lotu. Kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang selalu berpusat kepada guru. Monotonnya situasi belajar kerap membuat siswa mengantuk dan tidak fokus sehingga menimbulkan turunnya kreativitas siswa yang salah satunya adalah malasnya siswa dalam berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) terhadap kreativitas siswa kelas X pada mata pelajaran Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan terhadap rata-rata nilai tes siswa yaitu thitung > ttabel (24.097 > 1.717) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sementara hasil perolehan uji-t paired-samples test yang terdapat pada angket kreativitas siswa diperoleh thitung = 46,228 > ttabel = 1.717 dengan jumlah sampel 22 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh jawaban hipotesis ada pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS ( Higher Oder Thinking Skills) terhadap kreativitas siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 lotu pada tingkat signifikan 0,05%.
Copyrights © 2024