J-CEKI
Vol. 3 No. 5: Agustus 2024

Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi, Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Barru

Nur Wahyuni (Universitas Muslim Indonesia)
Zul Kahfi (Institut Kesehatan dan Bisnis St Fatimah Mamuju)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada samsat barru, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada samsat barru dan untuk mengetahui dan menganalisis perpajakan pengaruh pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada samsat barru. Metode penelitian yang digunakan Metode Analisis Dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan responden melalui kuesioner dengan sampel yang digunakan 50 orang.. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis kuantitatif diperuntukan untuk analisis data yang berwujud angka-angka. Dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrumen Penelitian, uji hipotesis analisis regresi, uji hipotesis dengan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran wajib pajak memiliki nilai sig sebesar 0,014<0,05 dan nilai t statistic sebesar 2,560, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang mengatakan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosialisasi memiliki nilai sig sebesar 0,006<0,05 dan nilai t statistic sebesar 2,880, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua yang mengatakan bahwa Sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan memiliki nilai sig sebesar 0,047<0,05 dan nilai t statistic sebesar 2,037, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yang mengatakan bahwa pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dapat diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...