J-CEKI
Vol. 3 No. 5: Agustus 2024

Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Pandemi COVID-19: Implikasi bagi Pasar Ritel di Indonesia

Amrin Amri (STIE Nusantara Makassar)
Wiwin Anggriani Salawali (Universitas Tompotika Luwuk)
Intje Supriadi Indama (Universitas Tompotika Luwuk)
Wahdaniah Wahdaniah (Universitas Sulawesi Barat)
Awal Nopriyanto Bahasoan (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan signifikan dalam pola konsumsi masyarakat, yang berdampak langsung pada pasar ritel di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perubahan tersebut melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR), dengan mengidentifikasi dan menganalisis literatur yang relevan terkait pola konsumsi, kesadaran kesehatan, keberlanjutan, dan strategi pemasaran ritel pasca pandemi. Hasil dari tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa pandemi mempercepat transisi dari konsumsi konvensional ke digitalisasi, meningkatkan kesadaran konsumen terhadap kesehatan dan produk berkelanjutan, serta memaksa peritel untuk mengadaptasi strategi pemasaran yang lebih personal dan berbasis teknologi. Penelitian ini juga mengungkap dampak jangka panjang yang diantisipasi terhadap struktur pasar ritel di Indonesia, di mana belanja online menjadi bagian integral dari kebiasaan konsumen dan teknologi memainkan peran kunci dalam menentukan keberhasilan peritel di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...