J-CEKI
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Pull and Retell pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Ambon

Rosina F. J Lekawael (Universitas Pattimura)
Elina Megaria Sudjebun (Universitas Pattimura)
Rice Pesiwarissa (SMP Negeri 9 Ambon)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Mempelajari bahasa Inggris sangat penting diberikan kepada peserta didik di Indonesia agar sebagai penerus bangsa peserta didik dapat bersaing secara global, dengan begitu, peserta didik dapat mengantarkan Negara ini menjadi menjadi Negara yang bermutu di mata dunia. Dalam mempelajari bahasa Inggris, peserta didik berusaha untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Membaca sangat penting dikuasai oleh peserta didik karena dalam membaca ada pesan yang terkandung dalam konten teks tersebut yang dapat dijadikan pengetahuan yang baru untuk peserta didik. Kendati demikian, berdasarkan hasil identifikasi ditemukan bahwa peserta didik di kelas VIII.11 SMP Negeri 9 Ambon masih kesulitan dalam memahami konten bacaan berbahasa Inggris, karena itu, penulis menerapkan strategi pull and retell dengan harapan peserta didik dapat menunjukan peningkatan dalam kemampuan membaca dan memahami teks bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukan keberhasilan penerapan strategi tersebut dengan presentase 86.7%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...