J-CEKI
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Penerapan Analisis Swot dalam Strategi Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Bed Occupancy Rate di Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie Parepare

Iin Sakina L. (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Purwadhi Purwadhi (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Mira Veranita (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Bed Occupancy Rate (BOR) adalah persentase pemanfaatan atau pemakaian tempat tidur pada satuan tertentu. Indikator ini memberikan gambaran tinggi rendahnya tingkat pemanfaatan tempat tidur dan salah satu penilaian indikator mutu dari sebuah rumah sakit. Keunggulan bersaing merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk memberikan produk atau layanan yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Metode SWOT adalah alat analisis strategis yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh suatu organisasi atau individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis SWOT dalam strategi keunggulan bersaing untuk meningkatkan BOR Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie Parepare. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada informan. Populasi penelitian ini adalah pegawai dan pasien rawat inap Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie Parepare bulan Oktober 2024 dan teknik pengambilan sampling melalui accidental sampling. Total sampel yang didapat adalah 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie Parepare berada pada kuadran V yaitu jaga dan pertahankan, dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah strategi alternatif prioritas dalam menciptkan keunggulan bersaing dan meningkatkan BOR pelayanan rawat inap Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie adalah dengan melakukan penguatan peran pimpinan dalam pengembangan sarana dan prasarana, pelaksanaan evaluasi berkala, dan penambahan jenis layanan dengan memprioritaskan strategi diferensiasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...