J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Pengaruh Gamifikasi Terhadap Peningkatan Customer Loyalty Dan Customer Engagement Pada Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Bisnis Islam

Sazkia Putri Salsabila (UIN Raden Intan Lampung)
Dinda Fali Rifan (UIN Raden Intan Lampung)
Weny Rosilawati (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Bisnis daring atau yang lebih dikenal dengan e-commerce sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Shopee menjadi marketplace yang menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah pengunjung terbanyak pada tahun 2023. Strategi lain yang diterapkan perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya adalah membangun sistem yang menarik dengan memperkenalkan konsep gamifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini adalah 316 mahasiswa yang menggunakan fitur gamifikasi Shopee. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fitur gamifikasi Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Selain itu, fitur gamifikasi Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keterlibatan Pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...