J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Pembelajaran Komik Matematika Sekolah Dasar : Systematic Literature Review

Muhammad Hudzaifah (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Iswahyudi Joko Supriyitno (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Abdul Aziz (Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD). Melalui metode systematic literature review, kajian ini menyelidiki efektivitas, tantangan, dan potensi media komik sebagai alat bantu pengajaran matematika. Penelusuran dilakukan pada berbagai basis data ilmiah dengan rentang waktu 2015-2024, menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat. Hasil menunjukkan bahwa media komik memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan hasil belajar matematika siswa SD. Penelitian mengungkapkan bahwa komik dapat mengubah persepsi siswa terhadap matematika dari mata pelajaran yang sulit menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Metode systematic review ini menggunakan pendekatan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) dengan melakukan analisis kritis terhadap 25 artikel terpilih. Temuan penelitian menegaskan pentingnya pengembangan media komik yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan kognitif siswa SD dan kurikulum matematika yang berlaku.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...