Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Lestari Bakery Cake and Shop Sidikalang. Fenomena penurunan kepuasan konsumen serta ulasan negatif yang terkait dengan pelayanan dan kenyamanan lokasi memotivasi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, yaitu konsumen Lestari Bakery. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 2.928 dengan signifikansi 0.004. Lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai t hitung 2.639 dan signifikansi 0.010. Secara simultan, kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai F hitung sebesar 6.739 dan signifikansi 0.002. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.122 mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama-sama mampu menjelaskan 12.2% variasi dalam kepuasan konsumen, sementara 87.8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model, seperti harga, promosi, dan kualitas produk.
Copyrights © 2025