Pengelolaan dokumen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan peran penting dalam mendukung efisiensi operasional, kualitas pelayanan perbankan, dan menjaga kepercayaan nasabah. Pengelolaan dokumen yang tidak terstruktur dapat memunculkan risiko seperti keterlambatan pelayanan, kehilangan dokumen, dan keterbatasan ruang penyimpanan. Kegiatan Magang Mandiri MBKM ini berfokus pada proses pengelolaan dokumen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dilakukan di Unit Loan Document PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Surabaya, dan bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan dokumen kredit melalui sistem penyimpanan yang terstruktur dan terintegrasi teknologi informasi. Metode kegiatan meliputi observasi secara langsung terhadap kegiatan magang sesuai tugas yang dilaksanakan, seperti prosedur pemberian KPR, identifikasi dan klasifikasi dokumen, migrasi dokumen ke Record Center, serta implementasi situs E-Loan dan aplikasi Green Screen untuk verifikasi data. Pendekatan partisipatif dan kolaboratif diterapkan dengan melibatkan mentor atau pendamping dari perusahaan dan dosen pembimbing dalam mendukung kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Program Magang Mandiri MBKM memberikan banyak manfaat bagi peserta magang maupun perusahaan. Terutama pada sistem pengelolaan dokumen KPR di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Surabaya telah memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan yang berlaku, sehingga mampu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keamanan dokumen. Dengan demikian, diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam integrasi sistem fisik dan digital guna mendukung keberlanjutan pengelolaan dokumen yang lebih optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025