Nigeria dan Indonesia memiliki visi yang sama untuk menjadi negara besar dan maju di masa depan. Namun, perjuangan menuju visi tersebut memerlukan strategi yang tepat, terutama dalam sektor pendidikan, di mana guru memegang peranan kunci sebagai motor penggerak kemajuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi politik yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas guru di kedua negara. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, penelitian ini menemukan bahwa strategi peningkatan kualitas guru di Nigeria dilakukan melalui program pelatihan, training, dan sertifikasi profesional sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi guru. Sementara itu, di Indonesia, upaya peningkatan kualitas guru difokuskan pada pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), yang dirancang untuk memastikan guru memiliki kompetensi profesional yang sesuai dengan standar nasional. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun kedua negara memiliki pendekatan yang berbeda, keduanya sama-sama berupaya untuk menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas guna mendukung pembangunan nasional.
Copyrights © 2025