Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam mengimplementasikan “Kurikulum Merdeka” di SD Negeri 2 Lembak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualittaif deskriptif. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan kajian pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru SD Negeri 2 Lembak dapat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Kendala- yang dihadapi guru meliputi keterbatasan sumber daya sekolah, keterampilan guru, adaptasi dan kebutuhan, minat, dan gaya belajar yang beragam. Solusi yang ditempuh dalam mengatasi kendala dengan pelatihan dan pengembangan profesional kepada guru, kolaborasi antara guru, pembinaan dan mentoring malalui peran kepemimpinan yang kuat dalam upaya mendukung menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar
Copyrights © 2025