Perayaan ulang tahun memainkan peran penting dalam kehidupan anak-anak, tidak hanya sebagai penanda bertambahnya usia tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat interaksi sosial dan hubungan emosional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan anak-anak, orang tua, dan guru, serta pengamatan langsung selama perayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perayaan ulang tahun membantu anak-anak belajar nilai-nilai seperti berbagi, empati, dan persahabatan, yang mendukung perkembangan keterampilan sosial dan emosional. Namun, tantangan keadilan sosial muncul ketika tidak semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk merayakan. Keterlibatan orang tua juga terbukti penting dalam membantu anak memahami nilai-nilai sosial. Temuan ini menekankan perlunya program dukungan yang memungkinkan semua anak merasakan kebahagiaan dalam perayaan ulang tahun.
Copyrights © 2025