Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mempelajari bentuk dan strategi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan Bank Jatim Surabaya; 2) Bagaimana implementasi konsep pemberdayaan masyarakat dalam progam Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dikelola Bank Jatim: 3) Bagaimana dampak dari progam Corporate Sosial Responsibility (CSR) ini terhadap produktivitas UMKM di wilayah sekitamya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif non interaktif yang didapat melalui pencarian yang bersumber pada jurnal-jurnal, data, ebook, yang menampilkan studi pustaka yang relevan dengan topik. Kemudian dianalisis menggunakan beberapa tahapan seperti mempelajari data, kata-kata kunci, menganalisis bahasan, serta menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program CSR oleh Bank Jatim menerapkan konsep Triple Bottom Line (TBL) dalam program CSR-nya. Dan strategi yang digunakan oleh program CSR Bank Jatim adalah strategi kombinasi yang mencakup sentralisasi dan desentralisas; 2) Melalui berbagai program CSR seperti pelatihan, kursus, dan bantuan untuk masyarakat, Bank Jatim bertujuan untuk memberdayakan masyarakat; 3) Dalam beberapa tahun terakhir implementasi berbagai program CSR oleh Bank Jatim dalam telah membawa dampak positif bagi masyarakat di sekitar perusahaan tersebut. Untuk penelitian berikutnya, disarankan untuk lebih mendalami dampak jangka panjang dari program CSR Bank Jatim terhadap UMKM di Surabaya. Analisis dapat difokuskan pada perkembangan ekonomi UMKM dalam beberapa tahun terakhir dan perannya dalam kesejahteraan masyarakat. Selain itu, penting untuk mengevaluasi efektivitas strategi sentralisasi dan desentralisasi serta faktor-faktor lain yang memengaruhi kesuksesan program CSR.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023