Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 2: Januari 2024

Pengaruh Daya Tarik Iklan, Harga dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Pengguna Jasa Transformasi Online Gojek di Medan

Lasma Lenida Rosinta Sianipar (Universitas HKBP Nommensen)
Dame Ria Rananta Saragi (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga, dan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap keinginan pengguna jasa transportasi online Gojek. Penelitian penjelasan (explanatory) adalah jenis penelitian yang digunakan, dan metode pengumpulan datanya adalah kuisioner. Analisis regresi linier berganda adalah model analisis data yang digunakan. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih sampel. Seratus orang yang menjawab sampel tersebut. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa daya tarik iklan, pesepsi harga, dan ewom dapat bertanggung jawab atas komponen minat pengguna jasa, dengan hasil F hitung menunjukkan bahwa daya tarik iklan, persepsi harga, dan ewom secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna jasa. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth menunjukkan bahwa daya tarik iklan, persepsi harga, dan ewom secara bersamaan berpengaruh positif sample. Seratus orang yang menjawab sampel tersebut. Elektronic word of mouth (eWOM) adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi minat pengguna jasa transportasi online Gojek di Kota Medan, dengan variabel daya tarik iklan thitung dan variabel persepsi harga thitung masing-masing tidak berdampak positif atau signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...